1.20.2009

Mendefinisi Keberanian

Apa itu keberanian?
Hmmm... semua orang punya definisi tentang hal ini. Dan ada banyak contoh yang bisa menunjukkan hal itu. Mari saya ceritakan dua kisah yang menurut saya adalah suatu bentuk keberanian paling nyata.

Kisah Pertama

Kisah ini tentang Kak Faizah, sahabat yang saya kenal lewat training siaware. Suatu ketika, Kak Faizah naik angkot Caringin-Sadang Serang dari Tubagus Ismail. Di dalam angkot ada beberapa penumpang lain. Angkot tersebut berjalan sampai beberapa waktu sampai seorang penumpang berkata, "Kiri...!" Itu adalah tanda untuk menurunkannya di tempat itu. Penumpang tersebut menyerahkan uang Rp. 2000. Sepatutnya dia mendapat kembalian Rp. 500, tetapi supir angkot berkata, "Ga ada receh!" Jadilah sang penumpang merelakan haknya buat si supir. Kejadian serupa terjadi pada penumpang yang turun berikutnya. Awalnya, Kak Faizah tidak terlalu mempedulikan hal tersebut sampai pada suatu ketika si supir membeli rokok di suatu perhentian dengan uang receh. Si supir ternyata mempunyai receh namun berbohong pada penumpangnya serta mengambil hak-hak mereka. Kak Faizah menjadi sangat marah dan kecewa. Saya pun demikian ketika mendengar cerita ini.

Lalu apa yang selanjutnya terjadi?

Ketika turun dari angkot, Kak Faizah membayar ongkos sambil berkata, "Pak, jadi orang yang jujur!" Itu adalah sebuah kalimat pendek yang dilontarkan dengan sebuah pergulatan batin pada awalnya. Dan kalimat pendek itu bukan tanpa risiko, dan itulah yang diperoleh Kak Faizah. Sebuah tatapan marah si supir cukup berbicara apa yang terjadi. Dan cerita itu berakhir sampai di situ. Cuma sampai di situ.


Hmmm..., ini sebuah keberanian besar menurut saya.
Apakah saya akan melakukan hal yang sama jika bertemu hal serupa?

Kisah Kedua

Kisah ini tentang Riesa, sahabat dari forum maya Rileks. Ini adalah kisah yang dia sampaikan via sms dengan maksud curhat. Sengaja saya kutipkan langsung isi sms-nya dan silakan simpulkan sendiri keberanian macam apa yang dimiliki kawan saya ini.

Riesa Andriani
16-Jan-2009 17:58

ada vios plat L buang kulit duku kjalan, sy bt trus dgn scuil kberanian sy tegor, si bpk cuek, sy jadi murka ampe gemeter krn sblumny ga brani negor kl liat salah

Reply
More


Riesa berkata dia punya secuil keberanian, tetapi menurut saya itu suatu keberanian yang luar biasa besarnya. Keberanian memulai suatu hal yang baru dan sesuatu yang baru itu adalah untuk meluruskan orang lain yang lebih tua, lebih berada, dan bahkan tidak dikenalnya.


Kisah-kisah ini membuat saya punya definisi baru tentang keberanian.
Keberanian adalah melakukan sesuatu yang benar buat hatimu dan juga orang lain tanpa peduli siapa orang lain tersebut!

No comments: