2.03.2009

Refleksi Pengajian Siaware: Persahabatan dan Persaudaraan Islam

"Apa saja harta rampasan perang yang diberikan Allah kepada rasulNya yang berasal dari penduduk kota-kota maka adalah untuk Allah, rasul, kerabat rasul, anak-anak yatim, orang-orang miskin, dan orang-orang yang dalam perjalanan, supaya harta itu jangan hanya beredar di antara orang-orang kaya saja di antara kamu. Apa yang diberikan rasul kepadamu maka terimalah. Dan apa yang dilarangnya maka tinggalkanlah. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah sangat keras hukumannya.
"(Juga) bagi fuqoro yang berhijrah yang diusir dari kampung halaman dan dari harta benda mereka (karena)mencari karunia dari Allah dan keridhoan(Nya) dan mereka menolong Allah dan Rasulnya. Mereka itulah orang-orang yang benar.
"Dan orang-orang yang telah menempati kota Madinah dan telah beriman (Anshor) sebelum (kedatangan) mereka (Muhajirin), mereka mencintai orang-orang yang berhijrah kepada mereka. Dan mereka tiada menaruh keinginan dalam hati mereka terhadap apa-apa yang diberikan kepada mereka (orang Muhajirin). Dan mereka mengutamakan (orang-orang Muhajirin) atas diri mereka sendiri sekalipun mereka memerlukan (apa yang mereka berikan itu). Dan barang siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, mereka itulah orang-orang yang beruntung.
"Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Anshor), mereka berdoa,'Ya Tuhan kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau Mahapenyantun lagi Mahapenyayang.'"
(QS. Al-Hasyir: 7-10)



Penjelasan tentang persahabatan dan persaudaraan antara sesama muslim tertera dalam banyak ayat-ayat Al-Qur'an. Pada dasarnya, persaudaran dan persahabatan adalah demi memperkokoh Ukhuwah Islamiah. Allah berfirman:
"Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua orang saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat." (QS. Al-Hujurat: 10)

Adapun alasan-alasan dibalik memupuk persahabatan dan persaudaraan adalah beberapa hal sebagai berikut:
  1. Demi menghadapi permusuhan dari musuh-musuh agama, yaitu orang-orang kafir dan munafik.

  2. Demi membangun bangunan masyarakat islam, sebagimana yang diterangkan dalam Al-Qur'an:
    "Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berperang di jalanNya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang kokoh." (QS. Ash-SHoff: 4)

  3. Saling menguatkan satu sama lain, jadi tidak sekedar saling kenal.


Hal yang perlu diperhatikan dari poin terakhir adalah fakta tentang keberagaman manusia, maka perlu buat setiap orang menempatkan dirinya sebagaimana bangunan juga memiliki komponen-komponen dengan fungsi-fungsinya masing-masing sehingga bangunan itu tegak berdiri.

Lalu apa yang membuat membangun bangunan masyarakat Islam menjadi demikian menantang? Yaitu karena bangunan masyarakat Islam tersebut adalah bangunan hidup yang mesti terus dipupuk. Akan tetapi, tahap membangun bangunan Ukhuwah Islamiah sama saja dengan membangun bangunan-bangunan pada umumnya, yaitu membuat pondasinya terlebih dahulu.

Sebagai ilustrasi adalah bagaimana menyelesaikan permainan rubic's cube. Untuk membuat sisi-sisi kubus pada permainan tersebut menjadi sewarna, hal yang paling mendasar adalah menyamakan warna pada satu sisi. Sisi itulah yang akan menjadi pondasi untuk menyusun warna pada sisi-sisi lainnya. Selanjutnya adalah memastikan warna pada lantai satu pada tiap sisi di empat sisi tegaknya bersesuaian. Selanjutnya menyamakan warna lantai kedua sisi tegaknya. Terakhir adalah menyamakan lantai teratas menjadi serupa yang otomatis membuat warna sisi atas juga menjadi sama.

Pada permainan rubic's cube tersebut, perkara yang tersulit justru menyamakan warna pada sisi teratas. Kadangkala, ada posisi warna terbalik padahal dari sisi lain terlihat bahwa kubus warna tersebut sudah tersusun sempurna. Maka perlu adanya strategi bagiamana mengembalikan bagian-bagian yang keliru lokasinya ke posisi yang seharusnya tanpa akhirnya merusak dua lantai dibawahnya. Memang pada awalnya ada konsekuensi yang perlu dibayar dengan mengubah sejumlah susunan warna di lantai kedua, namun dengan formula yang tepat pada akhirnya kubus itu akan sempurna.

Penyelesaian permainan rubic's cube tersebut merupakan sebuah gambaran bahwa untuk membangun sesuatu dibutuhkan skill buat membangun. Sejumlah hikmah yang bisa dipetik adalah tentang makna kesabaran, bagaimana memperbaiki kesalahan, dan membayar risiko atas perbaikan itu. Kesabaran diperlukan untuk membangun banguna itu secara keseluruhan yang diawali dengan membangun bagian paling dasar terlebih dahulu. Memperbaiki kesalahan dimaksudkan bagaimana seorang muslim saling menasihati, mengingatkan, memberi feedback dengan saudaranya yang lain. Dalam proses tadi mungkin ada beberapa hal yang kurang menyenangkan sebagai sebuah risiko. Akan tetapi, risiko-risiko itulah yang mesti dibaya agar bangunan ukhuwah ini bisa sempurna.

Skill membangun pernah disampaikan oleh seorang tokoh Islam dari Mesir, Hasan Al-Bana. Dia menyebutkan tiga tahap dalam membangun masyarakat Islam, yaitu ta'aruf, tafahum, dan takaful. Ta'aruf adalah fase paling awal di mana seseorang kenal saudaranya. Tafahum adalah tingkatan yang lebih tinggi lagi yaitu memahami orang lain. Dan takaful adalah kondisi dimana setiap orang dapat saling mengandalkan berdasarkan fungsinya masing-masing.

Hal yang juga mesti disadari dalam membangun persahabatan dan persaudaraan adalah bagaimana kecenderungan tumbuh manusia. Dalam sebuah analisis psikologi populer yang disampaikan Erick Fromm, manusia punya dua kecenderungan tumbuh yaitu menjadi insan yang to have atau to be. Karakteristik to have adalah sifatnya yang relatif dan kemelekatannya semu. Adapun karakteristik to be adalah sesuatu yang merupakan jati diri, tidak hilang oleh variabel ruang dan waktu (walau dapat saja terkikis jika tidak dipelihara sebagimana mestinya). Dikatakan bahwa pilihan menjadi insan to be lebih baik daripada to have karena perbedaan karakteristik tersebut. Akan tetapi, pilihan menjadi insan to be tidak mengabaikan bahwa memiliki sesuatu juga bisa jadi sesuatu yang penting.

Lalu hal apa yang bisa mewujudkan suatu hubungan persahabatan dan persaudaraan yang kokoh?

Sebagai ilustrasi mudahnya adalah kehidupan pasangan suami istri. Langgengnya hubungan pernikahan antara lain adalah cinta tanpa syarat, unconditional love. Hal ini memosisikan suami dan istri selayaknya sahabat yang punya hak dan kewajiban; tidak sama bentuknya namun sama pentingnya. Khairul Arif mengemukakan penelitiannya tentang kurva kerukunan. Kurva kerukunan adalah gambaran kelanggengan rumah tangga di Perth (Australia), kota-kota dan desa-desa di Indonesia. Kecenderungannya adalah kelanggengan menurun terhadap waktu untuk Perth dan kota-kota. Hal yang terburuk dari penurunan kelanggengan ini adalah perceraian. Adapun di desa-desa kecenderungannya adalah diawali dari nilai yang kecil terlebih dahulu dan baru kemudian meningkat sampai sebuah titik dan kemudian stabil. Perbedaan kecenderungan ini dijelaskan karena adanya perbedaan didikan tentang hak dan kewajiban suami dan istri. Orang-orang-orang di desa cenderung mendapat didikan yang lebih masif soal ini. Maka, pernikahan orang-orang di desa walaupun tanpa cinta pada awalnya (sebagai akibat perjodohan biasanya), diakhir mereka cenderung akan bisa keluar dari krisis dan mewujudkan unconditional love tersebut karena masing-masing pihak cenderung memenuhi kewajiban terlebih dahulu sebelum memperoleh haknya. Memang perselisiahan tetap bisa terjadi, tetapi ada kesadaran dari tiap pihak untuk introspeksi diri dan hubungan mereka. Pasangan-pasangan di Perth dan kota-kota besar cenderung menunjukkan hal yang sebaliknya; menuntut hak tetapi mengabaikan kewajiban, dan perselisihan kerap dianggap sebagai kesalahan pasangan.

Sebuah teladan luar biasa ditunjukkan oleh pasangan Imam Ahmad ibn Hanbal dengan istrinya Ummu Abdillah. Selama empat puluh tahun pernikahan mereka, tidak pernah terjadi percekcokan. Semua disebabkan oleh pemahaman mereka dalam berislam.

Hal yang serupa juga berlaku dalam membangun sebuah masyarakat. Adalah penting bahwa setiap orang menyadari hak dan kewajibannya. Tidak cuma sadar tetapi juga melakukan dengan tulus.

Berbicara tentang ketulusan, dalam sebuah artikel pada surat kabar New York Times disebutkan bahwa tipe pebisnis ada dua yaitu tipe manipulator dan tipe networker. Tipe manipulator adalah pebisnis yang bersifat taker, setiap apa yang dia lakukan semata-mata karena mengejar keuntungan. Selalu ada hitung-hitungan dalam setiap apa yang dikeluarkannya. Sebaliknya, tipe networker adalah pebisnis yang bersifat giver. Dia tidak khawatir memberi karena baginya yang penting adalah jaringan yang kuat.

Pada dasarnya, apa yang dijelaskan dalam artikel tersebut berlaku juga dalam jenis hubungan-hubungan lain lebih-lebih dalam rangka mewujudkan suatu masyarakat yang ideal. Masalah ketulusan ini juga diterangkan Allah dalam firmannya:
"Dan janganlah kamu memberi (dengan maksud) memperoleh (balasan) yang lebih banyak." (QS. Al-Mudatsir: 6)

Sebuah pertanyaan, bagaimana kita bersahabat dengan orang non muslim?

Secara singkat pertanyaan hubungan kepada mereka perlu didasari oleh semangat mendakwahi mereka bahwasanya Islam adalah agama yang penuh kebaikan dan rahmat bagi semesta alam termasuk buat mereka. Juga untuk mencegah hal-hal buruk dengan memusuhi mereka. Hendaklah bermuamalah dengan mereka dengan cara yang baik. Dan adalah hal yang baik berdoa agar Allah memberi hidayah kepada mereka.

"Dan tidak ditanya tentang apa yang diperbuat-Nya, dan merekalah yang akan ditanyai." (QS. Al-Anbiya': 23)



Wallahu a'lam bi ash-showab.

4 comments:

Anonymous said...

[url=http://firgonbares.net/][img]http://firgonbares.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]customer order software, [url=http://firgonbares.net/]the cheapest software[/url]
[url=http://firgonbares.net/][/url] buying dreamweaver kaspersky anti-virus personal
adobe photoshop elements for mac [url=http://firgonbares.net/]discounted software adobe[/url] macromedia player software
[url=http://firgonbares.net/]microsoft word office software[/url] buy photoshop with
[url=http://firgonbares.net/]office furniture software[/url] music software to buy
to buy oem software [url=http://firgonbares.net/]sell used computer software[/b]

Anonymous said...

[url=http://sunkomutors.net/][img]http://sunkomutors.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]xp software to buy, [url=http://sunkomutors.net/]autocad pdf converter lines overwrite[/url]
[url=http://sunkomutors.net/][/url] buy macromedia studio 8 kaspersky serial
netload adobe creative suite 4 [url=http://sunkomutors.net/]adobe acrobat 9 tutorial[/url] order software from
[url=http://sunkomutors.net/]superkids educational software review[/url] academics software
[url=http://sunkomutors.net/]kaspersky internet security[/url] office 2002 software
software like adobe photoshop [url=http://sunkomutors.net/]telephone mounting board autocad 2009 mep part[/b]

Anonymous said...

[url=http://murudobaros.net/][img]http://murudobaros.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]educators discount software, [url=http://murudobaros.net/]academic software programs[/url]
[url=http://murudobaros.net/]coreldraw viewer[/url] teacher discounts software gis software purchase
purchase express software [url=http://murudobaros.net/]cheap kids software[/url] mac adobe acrobat 9 trile download
[url=http://murudobaros.net/]software on sale[/url] Version Retail Price
[url=http://murudobaros.net/]office 97 software[/url] winzip 12 crack
software reseller in [url=http://murudobaros.net/]nero burning rom[/b]

Anonymous said...

[url=http://vonmertoes.net/][img]http://bariossetos.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]download free adobe photoshop cs4, [url=http://hopresovees.net/]need to purchase software[/url]
[url=http://bariossetos.net/][/url] old software versions for sale free repair order software
fast free download adobe photoshop cs4 trial [url=http://vonmertoes.net/]xp home edition oem software[/url] Mac Box Set NEWLY
[url=http://bariossetos.net/]adobe photoshop cs3 for mac full version[/url] student discounts software
[url=http://vonmertoes.net/]sell software over[/url] 10 Advanced Mac
office tutorial software [url=http://hopresovees.net/]macromedia flash 4 software[/b]