2.10.2009

Kasus Kaderisasi IMG: Sebuah Kelakar Media Masa

Masyarakat dihebohkan oleh berita meninggalnya seorang kawan Geodesi ITB angkatan 2007 dalam rangkaian kaderisasi Ikatan Mahasiswa Geodesi.

Sedih! Bukan kesedihan biasa tetapi kesedihan yang berlapis-lapis karena pemberitaannya yang simpang siur, menurut saya, telah merusak suasana duka dalam berbagai prasangka dan kecurigaan. Dan sudah bisa diduga, media informasi (koran, televisi, internet) yang berperan besar dalam hal ini.

Saya tidak bisa membayangkan bahwa media-media tersebut telah mengabarkan berita-berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Demi apa? Uang? Prestise? Sensasi? Entah....

Di sebuah media disebutkan bahwa kawan itu meninggal di tempat kejadian. Di media lain disebutkan dia meninggal di rumah sakit. Tersiar juga kabar bahwa meninggalnya dalam perjalanan ke rumah sakit. Ada lagi yang memberitakan bahwa dia ditemukan warga tergeletak di tengah jalan. Ada yang bercerita tentang OD. Ada yang berkata bahwa dia jatuh ke jurang. Dan masih banyak berita-berita tidak jelas lainnya yang mengiringi peristiwa duka ini.

Tega!

Apa sih yang kalian cari para wartawan?
Di mana kode etik jurnalistik itu yang sepatutnya kalian usung itu?
Kalian jadikan peristiwa duka ini tidak lebih sebagai bahan kelakar atau olok-olok semata!
Semoga Yang Mahakuasa mengampuni kalian!

No comments: