2.03.2009

Refleksi Jum'at : Takwa

"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepa Allah, esungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-Hasyir: 18)


Ini adalah refleksi khutbah Jum'at dua pekan yang lalu. Khutbah tersebut sangat singkat tetapi mendalam. AlhamduliLlah....

Dalam Al-Qur'an ketika Allah bersumpah atas sesuatu atau menyebutkan hal yang sama dua kali dalam satu ayat, maka bisa dipastikan hal tersebut merupakan perkara yang sangat penting. Hal tersebut juga berlaku untuk perkara takwa seperti yang disebutkan dalam ayat di atas.

Mengapa harus bertakwa?

Dalam Al-Qur'an Allah berfirman:
"Dan kepunyaan Allah-lah apa yang di langit dan apa yang di bumi, dan sungguh Kami telah memerintahkan kepada orang-orang yang diberi kitab sebelum kamu dan (juga) kepada kamu, bertakwalah kepada Allah. Tetapi jika kamu kafir maka (ketahuilah) sesungguhnya apa yang di langit dan apa yang di bumi hanyalah kepunyaan Allah dan Allah Mahakaya lagi Mahaterpuji." (QS. An-Nisa: 131)

Jelaslah bahwa dengan apa yang dikaruniakan Allah merupakan alasan yang cukup bagi manusia untuk bertakwa kepada Allah. Adalah mudah bagi Allah untuk mencabut karunia tersebut. Adapun ciri-ciri ketakwaan dapat dirujuk pada ayat-ayat Al-Qur'an, beberapa di antaranya tertera pada QS. Al Baqoroh: 2-5 dan 177.

Wallahu a'lam bi ash-showab.

No comments: