12.09.2009

Keajaiban Bernama Kelahiran

Dari NOTES facebook:

Kelahiran seorang anak manusia ke muka bumi adalah sebuah keajaiban. Sekian orang telah menjelaskan dari berbagai macam sisi. Para ilmuwan telah memberi penjelasan nan menakjubkan tentang proses terlahirnya manusia di dunia. Kaum spiritualis menjelaskan bahwa ada ruh ilahiyah yang belum ternoda pada tiap bayi yang lahir. Itu sebabnya mereka begitu murni dan membawa kebahagiaan. Negarawan melihat mereka sebagai masa depan bangsa.

Di antara keajaiban-keajaiban itu adalah perubahan-perubahan yang dibawa bagi para orang tua. Dengan kelahiran seorang anak, seorang pria menjadi lebih tekun mencari nafkah sebab dengan kelahiran itu dia telah menjadi ayah. Atau seorang wanita yang menjelma menjadi manusia super tangguh karena dia telah menyandang predikat ibu.

Saya juga punya kisah tentang keajaiban tentang kelahiran ini. Cerita ini saya peroleh di tahun 2003 lalu yang datang menghampiri saya tanpa terduga. Sungguh kedatangan cerita itu pada saya adalah keajaiban juga sebagaimana saya menuliskannya hari ini.

Suatu ketika saya bertemu dengan seorang pengendara taksi dan menginap di rumah beliau beberapa hari. Sungguh beliau adalah orang yang ramah. Istri beliau pun orang yang sangat bersahabat. Dengan seorang putri yang berusia sekitar setahun, saya tahu bahwa ini adalah sebuah keluarga yang bahagia.

Suatu hari, ketika beliau itu tidak menjalankan taksinya, saya berbincang-bincang dengannya. Entah mengapa pembicaraan mengarah pada perjalanan hidup beliau.

“Saya,” kata beliau, ”sudah narik taksi sejak muda, Mas.”

“Ya, Pak?!”

“Iya. Tapi saya dulu nakal, Mas.”

“Nakal bagaimana?”

“Saya dulu suka main perempuan. Banyaklah pokoknya. Bahkan sampai saya sudah menikah.”

“Kok bisa?”

“Bisa, Mas. Apalagi kalau perginya jauh. Kadang memang nggak pulang ke rumah sampai dua-tiga hari.”

“Ooh….”

“Tapi semua berubah waktu anak saya lahir. Waktu saya tahu yang lahir adalah anak perempuan, saya jadi nggak ingin lagi melakukan hal-hal seperti itu. Syukurlah!”

“Wah…, hebat ya, Pak.”

“Nggak kok. Tetapi itu, soalnya yang lahir anak perempuan. Mungkin kalau yang lahir laki-laki saya masih seperti dulu, hahahaha….”

Saya tersenyum. Saya takjub bahwa kelahiran seseorang bisa membawa perubahan bagi orang tuanya sampai sedemikian besarnya. Perubahan sikap dan cara pandang serta keputusan untuk menjadi manusia lebih baik merupakan hal luar biasa yang belum tentu hadir setiap saat atau ke setiap orang.

Saya segera tersadar bahwa keajaiban-keajaiban itu adalah karunia Allah. Dia Yang Mahatahu keajaiban-keajaiban apa yang akan hadir dengan kelahiran seorang laki-laki atau perempuan ke muka bumi. Dia Yang Mahasantun dan Mahalembut dalam mencurahkan keajaiban tersebut. Dan keajaiban-keajaiban itu tidak lain adalah hikmah dari peristiwa yang hadir di balik ketetapan-ketetapanNya.

Sahabat-sahabatku yang membaca notes ini, mungkin suatu saat kita perlu bertanya pada orang tua masing-masing. Bertanya tentang keajaiban-keajaiban apa yang hadir dengan kelahiran kita.
Dan mungkin kita akan terkejut!



* Hari ini saya menerima begitu banyak cinta, perhatian, doa. Dan itu sungguh keajaiban-keajaiban lain yang hadir dan menyapa saya. Ya Allah, ingatkan aku untuk bersyukur padamu....

No comments: